Pages

15.11.15

Black Beauty: Mendulang Pesan Moral dari Si Kuda Hitam

review buku black beauty novel terjemahan
Judul: Black Beuaty
Penulis: Anna Sewell
Penerbit: Gagas Media
Jumlah Halaman: vi + 326 halaman
ISBN: 979-780-675-8
***
Tidak ada takdir hidup yang lebih menyenangkan selain terlahir dari rahim ibu yang bijaksana dan tinggal di tempat yang nyaman. Kondisi itulah yang disyukuri seekor kuda muda yang kemudian dinamakan Black Beauty oleh majikan barunya. Kehidupan berjalan begitu menyenangkan dengan majikan yang menyukai kuda, si Hakim Gordon. Di istal* milik si Hakim pula Black Beauty mengenal sahabat-sahabat barunya, Merylegs, Sir Oliver dan Ginger. Dari ketiga sahabatnya itu Black Beuaty mendengar kisah bahwa kehidupan sebagai kuda tidak selalu menyenangkan. Oleh karenanya berbekal pesan dari ibunya, Black Beauty menjalankan tugas dengan baik dengan harapan ia akan diperlakukan dengan baik pula. Black Beauty pun menorehkan prestasi yang membanggakan sebagai kuda ketika berhasil menjalankan misi penyelamatan si Nyonya.


Kehidupan mulai berubah menjadi keras ketika Black Beuaty berpindah-pindah majikan satu dengan yang lain. Beragam pekerjaan mulai dari kuda tunggangan, penarik kereta maupun taksi kuda dijalani. Black Beauty semakin banyak melihat bahwa di luar sana ada banyak kuda yang barnasib malang. Malang akhirnya juga menghampiri Black Beauty. Kakinya patah ketika menjalan tugas. Kecacatan membuat Black Beauty kembali di jual majikannya pada seorang penarik taksi kuda, Si Jerry. Kebersamaan bersama si Jerry membuat Black Beauty lega karena majikannya sangat memahami bagaimana memperlakukan kuda dengan baik. Permasalahan menghadang ketika Jerry tak lagi bisa menjadi penarik taksi. Lagi-lagi Black Beuaty mendapati majikan yang tidak memperlakukan kudanya dengan baik. Kecelakaan akibat membawa beban terlalu berat membuatnya dihadapkan pada pilihan dijual atau dibunuh untuk dijadikan makanan anjing. Beruntung berkat saran dokter yang memeriksanya, majikannya lalu memilih menjual kembali. Dalam sebuah pasar kuda, Black Beauty dibeli oleh makelar kuda yang memiliki pengetahuan tentang kuda dengan baik. Dari situ lah akhirnya Black Beauty direkomendasikan pada keluarga yang mempekerjakan Joe Green, pengasuh kuda terbaiknya saat di istal Hakim Gordon. Berkat rekomendasi Green, Black Beauty mendapat jaminan hidup yang damai dan bahagia bersama majikan barunya, keluarga Blomefield.
***
Sarat pesan moral dan nilai kehidupan. Itulah yang Fenny dapatkan ketika membaca autobifografi yang mengambil sudut pandang seekor kuda ini. Sebagai pembuka, penulis menyelipkan pesan yang universal dan tak lekang oleh waktu melalui dialog si ibu dengan anaknya, si Black Beauty.
"...Kuharap kau akan tumbuh menjadi kuda yang ramah dan baik, dan tidak meniru sikap-sikap buruk. Bekerjalah dengan niat baik, ..." (hal. 4)
Tidak hanya itu, penulis juga menyampaikan pesan melalui dialog para pemilik kuda yang berlaku untuk pembaca.
"Itu baru lady sejati. Aku berani bersumpah", kata Jakes pada dirinya sendiri. "Dia bicara sopan seolah-olah aku ini pria terhormat dan akan kucoba idenya setiap kali menaiki bukit".
Melalui kisah-kisah hidup setiap kuda, penulis menyampaikan fakta bahwa kenyataan hidup tidak selalu indah. Tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain tetap melakukan peran dengan baik dan tetap berharap bahwa semuanya akan membaik di kemudian hari. Seperti kisah Ginger  yang nasibnya berakhir naas di tangah majikan seorang penarik kereta yang kejam maupun kisah Black Beauty sendiri.

Novel yang dituliskan dengan alur maju ini tidak memiliki klimaks yang mendebarkan namun berhasil membuat Fenny penasaran dengan apa yang akan terjadi pada Black Beauty selanjutnya. Hal ini tentu dipengaruhi niat awal penulis yang ingin memperkenalkan cara merawat kuda dengan kebaikan dan simpati. Lebih cenderung seperti penulisan buku panduan dalam bahasa fiksi. Hal ini didukung pengetahuan penulis tentang dunia kuda sangat mumpuni. Penulis mampu menggambarkan secara detail setiap kasus yang dialami oleh kuda dan kondisinya. Seperti saat mengenali kuda yang sakit karena kedinginan atau kelelahan berikut cara mengobatinya.

Gaya bahasa dan pemilihan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami menjadi nilai tambah novel terjemahan ini. Berkat kepiawaian penulis menyampaikan nilai-nilai kehidupan yang berlaku baik untuk hewan atau dan manusia, buku ini cocok dibaca untuk semua kalangan usia pembaca.

Banner-Reading-campaign
Glosarium:
  • Istal: kandang kuda
Catatan tambahan:
  • Buku ini Fenny peroleh dari penerbit Gagas Media untuk seluruh anggota Klub Buku Womenreads.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu sangat diharapkan. Sopan dan santun lebih diutamakan :)

Arsip Buku Sejenis ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...