Pages

17.9.15

[ REVIEW ] Cinta Adelia, Ketika Mantan Kembali Menggoda

Judul: Cinta Adelia
Penulis: Ajeng
Penerbit: Cahaya Atma Pustaka
ISBN: 978-602-7821-35-4
Tebal: 140 halaman


Sinopsis

Adelia dan Andre yang sama-sama single menjadi dekat karena sebuah kejadian. Namun hubungan mereka terusik saat mantan kekasih mereka kembali hadir. Mitha, mantan kekasih Andre, ingin Andre kembali padanya. Sedangkan Robby, mantan kekasih Adelia, tiba-tiba muncul lagi setelah dua tahun berlalu sejak insiden itu - dimana kehormatan Andre nyaris terenggut. Beruntung, Adelia memiliki Dody, sepupunya yang sangat perhatian dan sayang padanya.

Di saat Adelia sedang gundah dengan Robby yang menghubunginya lagi dan serba salah dengan sikap Mitha yang terang-terangan memusuhinya, Andre malah menyatakan  cinta padanya.

Entah karena tidak peduli atau takut, Adelia masih saja ragu-ragu akan perasaannya sendiri meskipun ia senang dengan pengakuan Andre.

Lalu berapa lama Andre harus menunggu Adelia menjawab?

Ia -Adelia- ingin berdamai dengan dirinya terlebih dahulu sebelum memberikan keputusan - apalagi kehadiran Robby menimbulkan tanda tanya baginya; apa yang diinginkan Robby dari dirinya - sekarang.

Akankah perasaan Andre pada Adelia berbalas? Apakah Andre berhasil mendapatkan cinta Adelia?

Review

Membaca novel ini dari awal seakan diajak berlari mengenal semua tokoh dalam cerita. Lumayan ngos-ngosan karena penulis seperti buru-buru menjelaskan masing-masing tokoh. Untungnya ada beberapa pemilihan kalimat bijaksana dari Andre yang membuat alur cerita jadi lebih enak dibaca. Salah satunya adalah ketika Andre menjawab permintaan "rujuk" dari Mitha, mantan pacarnya.
"Aku menghormati mereka yang berkenan memberikan kesempatan kedua, tapi aku tidak bisa memberikannya"
Menjelang akhir cerita, novel ini baru mencapai klimaksnya ketika Andre, Adelia, Robby dan Mitha dalam satu scene. Suasana tegang dapat diungkapkan dengan baik oleh penulis. Usai membaca bagian ini aku jadi ikut bernafas lega.

Karakter Andre berhasil memikat. Kalau ada di dunia nyata pastilah Andre sosok yang ganteng dengan sikap yang tegas, romantis dan out of the box. Nampak ketika Andre menghujani Adelia dengan hadiah-hadiah yang tak terduga dan memiliki makna khusus di saat Andre merayakan ulang tahunnya berdua saja dengan Adelia. Sedangkan tokoh Adelia, Robby dan Mitha yang antagonis sekalipun tidak terlalu menonjol.

Setting tempat meski dituliskan dengan jelas di kota Bandung namun penulis nampaknya tidak terlalu mengenali kota tersebut karena nyaris tidak ada penggambaran setting tempat. Novel ini benar-benar fokus menceritakan tentang kisah Andre dan Adelia.

Bisa dibilang membaca novel ini seperti menonton FTV. Sedikit datar di awal-awal, mencapai klimaks satu dua kali dan berujung bahagia. Cocok untuk bacaan ringan di saat senggang sekaligus memberikan inspirasi bagaimana menghadapi mantan yang kembali menggoda. Punya pengalaman "dirujuk" mantan? 

Catatan:
Novel "Cinta Adelia" karya Ajeng ini aku dapatkan sebagai hadiah dari blogtour yang diadakan oleh Asri Rahayu di blognya Peek A Book setelah menjawab pertanyaan tentang, "Ketika cinta masa lalumu datang kembali dan meminta untuk kembali padamu, apa yang akan kamu lakukan? Apa alasannya?"

Jawabanku saat itu adalah:
Memberi kesempatan pada cinta lama untuk kembali lagi itu artinya memberi kesempatan hati untuk kompromi kembali. Sungguh tidak mudah untuk melupakan "luka" yang sebelumnya apalagi dalam kesempatan kedua seperti itu seringkali masalah yang lalu diungkit-ungkit kembali. Cukup bagiku memberi kesempatan bagi cinta lama kembali. Sekarang untung dah punya suami jadi tidak ada alasan untuk melirik cinta yang lalu *jawabab akhir yang GEJE :P :D

Jawaban yang berdasarkan pengalaman pribadi, hihi 
Terima kasih Ajeng dan Asri.

4 komentar:

  1. Reviewnya bikin jadi ngiler mau beli bukunya ;)))) Ehiya, itu yang "...dimana kehormatan Andre nyaris terenggut" Maksudnya gimana... Typo atau emang begitu penggambarannya, kehormatan Andre siapa yang ngerebut......

    - @AndriiX_X

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya typo, adelia harusnya, hihiii tq koreksinyaaaa

      Hapus
    2. Terima kasih, mba fenny, buat review cantiknya..

      Ada yang berminat beli bukunya? Boleh sila PM saya yaa di armsistism@gmail.com

      Hapus
  2. Waah, seru nih kalau buat review seperti ini

    BalasHapus

Jejakmu sangat diharapkan. Sopan dan santun lebih diutamakan :)

Arsip Buku Sejenis ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...