Pages

24.2.15

Tips Menghadapi Penolakan Naskah Bukua

Naskah buku ditolak??? Sakitnya tuh disini di dalam hatiku ... sakitnya tuh disini pas kena otakku. Potongan lagu Cita Citata ini pas banget untuk menggambarkan rasanya hati Fenny ketika naskah buku ditolak. Mirisnya lagi penolakan itu terjadi ketika Fenny mengajukan naskah buku untuk pertama kalinya.



tips menghadapi penolakan naskah buku (sumber gambar: www.marciewrites.com)

Ceritanya dulu setelah mengikuti sesi sharing mbak Fita Cakra yang sudah menerbitkan puluhan buku membuat Fenny terinpirasi. Sepulang dari kopdar IIDN yang telah berhasil mendatangkan mbak Fita, Fenny langsung menuliskan ide naskah buku agar tidak terlupakan. Fenny segera menghubungi kontak agensi naskah yang digawangi oleh pendiri komunitas IIDN, mbak Indari Mastuti. Gayung bersambut. Ide Fenny diterima. Selanjutnya Fenny diminta menyiapkan outline naskah buku dan beberapa contoh kreasi beserta langkah-langkahnya. Saat itu Fenny memang mengajukan naskah buku how to dengan tema jilbab. Tidak lama kemudian outline dan contoh kreasi lengkap dengan langkah-langkahnya jadi. Mbak Indari yang saat itu langsung mengkoreksi mengatakan riasan dan model contoh kreasi kurang cetar dan terlihat terlalu anak-anak. Fenny memang mengajukan adek yang masih SMA menjadi model dan meriasnya sendiri. Akhirnya Fenny meminta teman seumuran untuk menjadi model dan menggunakan jasa perias. Hasilnya sudah WOW menurut Fenny dan mbak Indari pun menyetujuinya. Proses pengajuan naskah ke penerbit oleh agensi naskah pun dilakukan. Tik tok tik tok ... waktu terus bergulir dan setelah sekian lama semenjak naskah buku dikirimkan ke penerbit belum juga ada kabar. Ketika Fenny konfirmasi ke mbak Indari ternyata ... DITOLAK.

Penolakan membuat kepercayaan diri akan kemampuan menulis langsung menguap. Sebegitu dalam membekas hingga perlu waktu setahun untuk bisa move on.Buku perdana berjudul Bolu Kukus Karakter yang diterbitkan oleh penerbit mayor menjadi penanda kebangkitan Fenny. Tentunya kebangkitan itu menjadi bukti bahwa Fenny berhasil menghilangkan trauma. Buku ketrampilan membuat kue itu juga pernah di tolak lho sebelumnya. Tapi Fenny sudah punya kiat-kiat supaya tidak gagal menerbitkan buku. Oleh karenanya Fenny ingin berbagi tips menghadapi penolakan naskah buku.

Siapkan mental
Ketahuilah bahwa penerbit bisa menerima ribuan naskah dari para penulis. Ada banyak faktor yang membuat penerbit tidak bisa menerima semua naskah, seperti naskah belum memenuhi syarat atau kuota penerbit yang terbatas. Jadi persiapkan diri untuk penolakan meski harus tetap optimis diterima ketika mengirimkan naskah buku. Dengan demikian ketika pemberitahuan naskah buku ditolak datang, kita sudah tidak terlalu sakit hati.

Memiliki beberapa alternatif pilihan penerbit.
Tidak ada salahnya mencoba mengirimkan naskah buku yang ditolak oleh penerbit A ke penerbit B dan seterusnya. Fenny menggunakan trik ini ketika naskah buku Bolu Kukus Karakter ditolak oleh penerbit mayor yang di Jakarta hingga akhirnya diterima oleh penerbit mayor di Surabaya. Trik ini Fenny lakukan setelah mengetahui bahwa buku best seller Harry Potter sebelumnya ditolak oleh 12 penerbit. Baru satu kali di tolak langsung menyerah??? Malu dooong ...

Minta saran editor
Ketika mengajukan naskah buku untuk pertama kalinya dulu itu, Fenny menanyakan alasan penolakan naskah. Untungnya saat itu editor berbaik hati untuk memberi tahu bahkan memberikan saran agar naskah buku jadi lebih menarik. Meskipun akhirnya naskah buku tetap ditolak oleh penerbit tersebut, setidaknya Fenny jadi tahu kekurangan naskah yang diajukan. Pahami juga bahwa tidak semua editor mau memberikan informasi jadi jangan terlalu diambil hati juga ya kalau tidak ditanggapi.

Terus menulis dan mengirimkan naskah
Beberapa kali menerima penolakan naskah buku membuat Fenny menjadi lebih santai menghadapinya. Memang benar adanya bahwa semakin sering ditempa cobaan maka akan semakin kuat jika mampu menerimanya. Sembari menunggu keputusan penerbit, Fenny terus menulis dan mengirimkan naskah ke penerbit-penerbit lain. Hasilnya sebagian ditolak, sebagian diterima. Dengan begitu kekecewaan naskah buku yang ditolak bisa terobati dengan kebahagiaan diterima naskah buku yang lain.

Tips menghadapi penolakan naskah buku oleh penerbit itu spesial Fenny rangkum untuk memotivasi para penulis, khususnya pemula. Jangan sampai mundur teratur hanya karena penolakan. Tetap yakin dan optimis sembari terus berusaha. Semoga buku Cokelat Gosong juga bisa maju terus hingga akhirnya terbit yaaa ...

Tulisan ini diikutsertakan dalam 1st Giveaway blog Cokelat Gosong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu sangat diharapkan. Sopan dan santun lebih diutamakan :)

Arsip Buku Sejenis ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...