Pages

21.6.14

Pengalaman Pertama

Tersesat di blog Taman Baca Joglo karena judulnya? Wikikkkkikkkk….

Sugeng Rawuh alias Selamat Datang ;)

Meskipun tersesat, sungguh tiada maksud hati untuk membuat manyun. Aku bakalan tetap cerita tentang pengalaman pertama koq. Asli pengalaman yang tidak biasa seperti lirik lagu alm. Alda Risma.

***

Ku temukan dia di belakang. Ya…lokasi terbelakang di kelasku. Mencoba berdiri tegar, beberapa miring bersandar bahkan ada pula yang rebahan tertindih satu sama lain. Kesamaan yang kulihat dalam diri mereka adalah satu, BERDEBU. Aku berjalan mendekati mereka. Mencoba menyentuh dengan hati ragu-ragu. Bagaimana kalau aku tiba-tiba bersin di depan mereka? Apakah mereka akan tahan dengan sentuhanku? Jemariku menggantung dan tiba-tiba …

Pustakawan (source: google)


“Ayo anak-anak, duduk di tempat masing-masing.”, suara asing menggelegar di telingaku. Aku menoleh dan mendapati seorang perempuan dengan pakaian berlogo PGRI sudah berdiri di depan. Aku segera berlari, meninggalkan mereka yang masih saja termangu.

Satu jam, dua jam …dua setengah jam kemudian…

Mereka menarik perhatianku lagi. Kali ini aku berlari mendekat. Tak lagi ku julurkan tangan. Cukup memicingkan mata sambil memiringkan kepala. Dengan mengeja ku coba mengenali mereka. Mahir Berbahasa Indonesia Triwulan I, mirip seperti yang ada di tasku. Lalu kakiku bergeser ke kiri. Tuntunan Lengkap Bacaan Sholat, seperti punya nenek dirumah. Ketika aku membungkuk, ku temukan kata yang sama dengan yang ada di peta duniaku. Australia, Kisah 4 Musim, demikian nama yang tertera. Belakangan ku ketahui dari ibu guru, itu adalah judul buku.

Aku membukanya bersemangat, mengeja setiap huruf yang tertulis besar-besar di beberapa bagian. Jari ku menelusuri gambar yang tercetak dengan ekspresi terpukau. Padang rumput, kuda, daun berguguran, salju, gedung Opera membuat mulut ternganga. Indah sekali …

Pikiranku melayang. Membebaskan otakku berpetualang dengan mata menghujam seakan ingin memasuki dunia lain. Kujejali memori dengan penampakan Australia yang tergambar. Sungguh nikmat tiada tara berpindah dunia. Seakan sedang bersandar di bawah pohon apel, aku menerawang. Dan pandanganku tertumbuk pada sosok yang lebih ku kenal, IBU GURU.

Bergegas ku berdiri. Mengibaskan rok yang berdebu akibat aksi selonjoranku. Menaruh asal Australia ku dan berlari ke depan. Sejenak ku melirik ke belakang saat tiba di bangku. Lirih ku berbisik, “Besok main lagi ya, tunggu disitu”.

***

Pengalaman pertama anak kelas 3 SD yang baru saja mengenal perpustakaan. Tampilan seadanya khas milik sekolah impres desa. Sederhana, cenderung tidak terawat tapi mampu membuka mata. Pintu dunia baru yang menakjubkan, hanya dengan sekedar duduk tapi bisa berkelana. Kemana saja, keliling dunia. Aku jatuh cinta  …

Berbagi pengalaman pertamamu dengan buku yuk? :)

1 komentar:

  1. Pengalaman dengan buku, dari buku tahu apa arti hukum, tahu tentang bagaimana implementasi hukum yang baik dan mana yang buruk. Lebih mengenal hukum dari buku

    BalasHapus

Jejakmu sangat diharapkan. Sopan dan santun lebih diutamakan :)

Arsip Buku Sejenis ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...